Sunday, July 14, 2019

Review : Cetaphil Moisturizing Lotion for Face and Body


Ritual mandi selalu jadi aktivitas sederhana untuk melepas lelah yang menyenangkan buat saya. Saat akhir pekan gini, mandi tiga sampai empat kali sehari setelah kelar urusan domestik di rumah udah jadi hal yang biasa.


Saat cuaca panas, kamar yang dilengkapi dengan penyejuk udara (AC) hwaaahhh ibarat surga dunia yang nggak bisa ditawar lagi. Tapi, sejuknya AC membuat saya tanpa sadar jadi sering lupa minum. Efeknya berasa banget. Kulit saya yang basically kadar lembabnya minim jadi cenderung makin kering.







Ehm... sebenarnya moisturizer tuh nggak hanya berfungsi menghidrasi kulit, ya. Tapi juga mengikat kulit kita tetap lembab. Produk yang banyak banget pilihannya di pasaran. Dari yang murah sampai mahal banget ada. I've gone through stages of panicking and trying any products and treatment to make my skin better.


Sempat nyoba beberapa kali pakai body butter kelas premium. Berhubung nggak telaten nge-blend ke kulit, akhirnya tuh body butter berubah status jadi 'pengangguran'. Saya juga jarang memperhatikan kandungan produk skincare yang saya pilih. Belinya random aja. Bukannya makin segar, kulit tangan justru jadi semakin kering dan gatal.


Setelah konsultasi ke beberapa teman yang paham banget tentang masalah kulit dan per-skincare-an, mereka nyaranin untuk pakai lotion yang memberi kelembaban ekstra dan ada kandungan minyaknya. Itulah kenapa saya beralih ke Cetaphil Moisturizing Lotion.



Ingredients

Ada beberapa produk yang saya tau formulanya mengandung Hydrogenated Polyisobutene. Ternyata, Cetaphil Moisturizing Lotion punya kandungan yang sama. Selain Hydrogenated Polyisobutene, lotion ini juga mengandung Persea Gratissima Oil, yang ternyata benar-benar bisa menghidrasi kulit kering saya jadi lebih moist dan lembut. Ideal untuk wajah dan tubuh. Kulit tangan saya memang belum membaik sepenuhnya, tapi setidaknya jadi jauh lebih baik.





However, semua bahan kimia pasti punya efek samping, terutama bagi yang punya kulit sensitif. Bisa berupa iritasi kulit atau bahkan peradangan. Saran saya, ada baiknya diskusi dulu dengan dokter kulit kalian sebelum menggunakan produk yang mengandung bahan ini, ya.


Texture

Saya lebih suka menggunakan lotion yang wangi, teksturnya ringan, dan nggak lengket. Kedua kriteria itu saya temukan ada pada Cetaphil Moisturizing Lotion. Nourising but never greasy. Biasanya kalo pakai lotion ringan yang banyak dijual di supermarket, baru sebentar aja kulit udah kembali kering.


Meskipun nggak ada efek lain buat memutihkan, nggak mengandung wewangian apapun, tapi untuk kategori lotion yang memang fungsinya melembabkan, ini sih juara banget ! Penyelamat dikala kulit benar-benar butuh hidrasi.


How To Apply It

Sebetulnya, nggak ada cara baku buat saya saat menggunakan lotion. Bebas, hahaha. Tapi baru-baru ini saya baca artikel tentang cara terbaik memakai lotion, yaitu saat tubuh masih dalam kondisi rada basah setelah mandi. Setelah saya coba praktekkan, ternyata memang efektif ! Lotion jadi lebih mudah di-spread ke seluruh tubuh dan lembabnya bertahan cukup lama di kulit. Pada bagian tubuh yang sering terpapar matahari, apalagi saat ngerasa kulit udah kering banget, saya nggak pernah ragu untuk membalurinya dengan lotion ini berkali-kali. 


Packaging

Saya selalu milih untuk membeli produk dengan kemasan pump, agar mudah mengatur berapa banyak jumlah yang ingin saya keluarkan. Sehingga, lotion atau produk apapun yang punya kemasan pump selalu punya tempat spesial dihati saya. Body wash, shampoo, body lotion, dan lainnya. Kebetulan waktu beli, saya kehabisan yang versi pump. Tapi, meskipun ada dalam kemasan botol dengan tutup flip, Cetaphil Moisturizing Lotion ini udah cukup aman kok, nggak perlu khawatir bakal luber kemana-mana.





My Opinion

Untuk merawat kulit dan tubuh sebenarnya nggak harus selalu memakai produk yang mahal, sih. Saya beberapa kali membeli produk yang cukup mahal tapi sama sekali nggak ngaruh. Tapi untuk masalah yang lebih kompleks seperti kulit kering begini, saya memang berusaha mengutamakan quality dalam memilih produk. Yang pasti, harga bisa mempengaruhi tekstur, penyerapan produk ke kulit, sampai wanginya pun. Budget dan kebutuhan kulit selalu saya jadikan acuan saat memilih produk.


Saat menggunakan lotion ini, nggak ada tanda-tanda alergi atau iritasi di kulit saya. Melihat gimana Cetaphil Moisturizing Lotion ini mampu mengatasi permasalahan kulit saya, bakal repurchase terus nih. Best hydrating lotion I've used lah.


Thanks to Cetaphil Moisturizing Lotion :)




Cetaphil Moisturizing Lotion for Face and Body

  • Location : Solo Square Mall, 1st floor, Jalan Slamet Riyadi, Surakarta
  • Open : 10 am - 10 pm
  • Price : Rp. 177.900