Monday, April 1, 2019

Memilih Buku


Dulu aku punya kebiasaan membeli buku dengan judge by it's cover. Memilih buku kadang membuat galau kambuh lebih lama daripada memilih sepatu. Apalagi ketika dadakan melipir ke toko buku dan belum punya pilihan ingin beli buku apa. Akhirnya aku hanya berkeliling, mengintip sekilas beberapa buku, dan memilih buku yang akan ku bawa pulang hanya karena covernya menarik. 


Judul dan covernya eye-catching, sinopsisnya menarik, tapi ketika ku baca ternyata kontennya nggak sesuai dengan ekspektasiku. Nggak sesuai dengan seleraku. Begitulah, terkadang buku yang aku suka belum tentu buku yang terjual baik di pasaran dan buku yang banyak diperbincangkan orang belum tentu menyenangkan bagiku.





(Related Post : Review : Saman (Ayu Utami)


Selain mendorong budaya baca, buatku media daring berbasis teks selalu jadi andalan ketika akan memutuskan untuk memilih buku. Ada banyak kanal yang bisa dipilih sebagai referensi :



Twitter

Banyak selebriti atau orang-orang terkenal di media sosial punya passion menulis yang sangat baik. Punya karya yang disambut baik oleh pembaca. Dee Lestari, Raditya Dika, banyak deh. Kerennya lagi, hampir semua buku mereka nangkring dijajaran best seller hingga difilmkan.


Para penulis ini punya akun Twitter yang nggak hanya digunakan untuk berbagi informasi seputar aktivitasnya, tapi juga sebagai senjata ampuh untuk berinteraksi dan mengakrabkan diri dengan ratusan ribu followers-nya. Dari Twitter mereka juga, para pembaca jadi tau ada buku apa saja yang baru mereka rilis.



Ulasan Buku di Blog

Belakangan, aku senang baca resensi buku di blog ini. Cek resensi buku-buku menarik yang hendak ku baca.



Goodreads

Selain cari informasi lewat Twitter atau ulasan buku di Blog, pilihan lainnya adalah Goodreads. Btw, Goodreads itu apaan sih, Kak ?


Goodreads itu media sosialnya para pecinta buku. Tempat nongkrong yang asyik bagi para pembaca dan pecinta buku. Informasi tentang buku yang akan terbit lebih dulu ada disana. Goodreads mempermudahku 'mengintip' isi rak buku teman-teman.


Mulai dari buku yang udah dibaca (read), akan dibaca (to-read), dan sedang dibaca (currently reading). Goodreads bisa meng-explore buku-buku berdasarkan genre. Kita juga bisa diskusi dengan komunitas pecinta buku. Selain itu, fitur Ask The Author yang ada di Goodreads memungkinkan pembaca untuk bertanya pada penulis tentang buku-buku mereka. 



Ehm... Kalo udah punya pilihan, maka belilah dan 'sayangilah' tanpa berpikir panjang. Bikin resensi dan bagikan hasil bacaan kita...



Selamat Membaca Lebih Banyak ~