Thursday, April 27, 2017

Point Penting yang Wajib Banget Diperhatikan Saat Memilih Mobil


Cerita hidup saya sebagai seorang istri memasuki tahun kedua di 2017 ini. Tak terlalu banyak yang berubah. Namun, satu hal yang cukup menarik adalah beberapa rencana yang kami buat diawal pernikahan, satu per satu mulai terwujud. Alhamdulillah...


Awalnya, keinginan untuk punya kendaraan pribadi masih jauh dari impian, karena kebetulan di rumah (mertua) sudah ada mobil yang sebetulnya bisa kami pakai kapan saja. Tapi, yang namanya bukan milik sendiri, tetap saja nggak enak doooonk. Singkat cerita, kami memutuskan untuk membeli mobil pribadi dari uang-uang kecil yang kami simpan. Dan kami sepakat untuk tidak membeli mobil baru :)


Setelah beberapa kali diskusi, mendengar banyak pertimbangan dari orang-orang terdekat, berikut yang jadi point penting buat kami saat memilih mobil :










  • Mobil baru biasanya mengalami penurunan harga jual kembali yang lebih drastis kalau dibandingkan dengan mobil second. Artinya, meski mobil tersebut belum digunakan selama satu tahun pun, harga jual kembalinya bakal jatuh sangat jauh. Sedangkan harga jual kembali mobil second turun nggak terlalu jauh dari harga saat kita membelinya. Karenanya, kami sepakat untuk nggak membeli mobil baru.

  • Mobil yang kami incar ada dua : Honda Accord atau Honda CR-V. Setelah itu kami mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan dua mobil tersebut dari berbagai sumber. Ada beberapa point penting sebagai parameter utama bahwa mobil tersebut sesuai dengan kriteria kami. Nah, kriteria ini tiap orang berbeda-beda, yaaa. Kalau saya dan suami 3 point penting ini diantaranya : mobil tersebut dibeli langsung melalui tangan pemiliknya (tangan pertama) untuk mempermudah proses nego demi mendapatkan harga yang sesuai, kilometer mobil masih rendah (dibawah 60.000), dan plat mobil sesuai dengan lokasi dimana kita tinggal untuk memudahkan pembayaran pajak

  • Gali sedalam-dalamnya informasi tentang mobil incaran kami itu. Keuntungan membeli mobil langsung melalui tangan pemiliknya ada disini. Kami bertemu langsung dengan pemiliknya untuk menanyakan secara detail mengenai kondisi mobil tanpa harus bertanya lagi pada orang lain. Tahun pembelian mobil, kelengkapan surat-surat, bahkan sampai alasan mengapa mobil itu dijual pun kami tanyakan langsung pada pemiliknya. Pastikan nomor mesin dan nomor faktur sesuai dengan yang tertera pada BPKB. Penting juga untuk memperhatikan jatuh tempo pembayaran pajak mobil, masa iyaaa belum lama menikmati mobil sudah harus mengeluarkan fulus lagi untuk bayar pajak, ogah laaaa yaw hahahaaaa...

  • Setelah dapat informasi yang dirasa cukup, yang perlu dilakukan kemudian adalah cek fisik dan performa mobil. Mobil harus mudah di-starter, suara mesin halus dan nggak tersendat-sendat saat mesin dalam keadaan stationer, selang-selang pada kap mesin nggak ada yang bocor, nggak ada rembesan oli, baut / mur ada dan dalam kondisi baik.

  • Untuk eksterior mobil, saya dan mas suami wajib memastikan bahwa cat mobil masih original (sesuai dengan STNK dan bukan pengecetan ulang), goresan pemakaian wajar, kondisi ban dan kaki-kaki mobil bagus, dan mobil tersebut bukan mobil bekas kecelakaan atau pernah terkena banjir. Mobil yang pernah terkena banjir biasanya punya aroma yang kurang enak dan karpet mobil lembab.


  • Sedangkan untuk interior mobil ; pastikan jok mobil, dashboard, AC, tombol wiper, semua lampu, pintu, peranti audio, dll berfungsi dengan baik. Urusan cek fisik begini, saya serahkan sepenuhnya pada mas suami karena dia yang paling paham soal ini :)


  • Karena warna mobil juga mewakili prestige pemiliknya, maka pemilihan warna mobil juga harus diperhatikan. Kalo saya nih, secara estetika warna mobil yang paling bagus hanya ada 3 ; hitam, alabaster, dan cokelat.

  • Yang nggak kalah pentingnya, wajib punya produk perawatan cat mobil dan juga produk pembersih interior / eksterior mobil untuk menghindari banyak faktor yang bisa merusak mobil.


Pencarian kami selama 1 bulan lebih berbuah manis. Akhirnya kami berjodoh dengan si kece Honda CR-V 2.0 A/T Alabaster Silver Metallic (Generasi 4). Terima kasih yang banyak saya haturkan khusus untuk pemilik mobil sebelumnya, Pak Tunjung, yang welcome banget dengan beberapa kali kedatangan kami dan juara banget merawat mobilnya.


So, bagaimana pertimbangan kalian dalam memilih mobil ????




(Photo by Bayu / Canon EOS M5)