April 27, 2017

Point Penting yang Wajib Banget Diperhatikan Saat Membeli Mobil



Ketika gue dan suami sudah menganggap mobil sebagai kebutuhan, akhirnya kami sepakat menginvestasikan dana yang kami simpan untuk membeli mobil.


Hmmm... Tapi baiknya beli mobil baru atau bekas ya ? Jelas banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dan didiskusikan bersama sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan untuk menghindari kerugian-kerugian yang mungkin aja terjadi di masa mendatang.


Setelah beberapa kali diskusi, mendengarkan banyak pertimbangan dari sudut pandang suami, adik, dan juga ayah, berikut yang jadi point penting buat kami saat membeli mobil :



Honda CR-V 2.0 A/T Alabaster Silver Metallic Generasi 4



  • Mobil baru biasanya mengalami penurunan harga jual kembali yang lebih drastis kalau dibandingkan dengan mobil bekas. Artinya, meski mobil tersebut belum digunakan selama satu tahun pun, harga jual kembalinya bakal jatuh sangat jauh. Sedangkan harga jual kembali mobil bekas turun nggak terlalu jauh dari harga saat kita membelinya. Karenanya kami sepakat untuk membeli mobil bekas. Yaaa... kalau dipikir-pikir kami berdua juga baru masuk usia pernikahan 2 tahun, siapa tahu 4-5 tahun ke depan ada niatan untuk ganti mobil lagi, hihiiii....

  • Mobil yang jadi incaran kami hanya ada 2 : Honda Accord atau Honda CR-V. Setelah itu kami mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan dua mobil itu dari berbagai sumber. Ada beberapa point penting sebagai parameter utama bahwa mobil itu sesuai dengan kriteria kita. Nah, kriteria ini tiap orang berbeda-beda yaaa. Kalau gue dan suami 3 point penting ini diantaranya : mobil tersebut dibeli langsung melalui tangan pemiliknya (tangan pertama) untuk mempermudah proses nego demi mendapatkan harga yang sesuai, kilometer mobil masih rendah (dibawah 60.000), dan plat mobil sesuai dengan lokasi dimana kami tinggal untuk memudahkan pembayaran pajak. 

  • Gali sedalam-dalamnya informasi tentang mobil incaran kita itu. Keuntungan membeli mobil langsung melalui tangan pemiliknya ada disini. Kami bertemu langsung dengan pemiliknya untuk menanyakan secara detail mengenai kondisi mobil tanpa harus bertanya lagi pada orang lain. Tahun pembelian mobil, kelengkapan surat-surat, bahkan sampai alasan mengapa mobil itu dijual pun kami tanyakan langsung pada pemiliknya. Pastikan nomor mesin dan nomor faktur sesuai dengan yang tertera pada BPKB. Penting juga untuk memperhatikan jatuh tempo pembayaran pajak mobil, masa iyaaa belum lama menikmati mobil sudah harus mengeluarkan fulus lagi untuk bayar pajak, ogah laaaa yaw hahahaaaa...

  • Setelah dapat informasi yang dirasa cukup, yang kami lakukan kemudian adalah cek fisik dan performa mobil. Mobil harus mudah di-starter, suara mesin halus dan nggak tersendat-sendat saat mesin dalam keadaan stationer, selang-selang pada kap mesin tidak ada yang bocor, nggak ada rembesan oli, baut / mur ada dan dalam kondisi baik.

  • Untuk eksterior mobil, gue dan suami wajib memastikan bahwa cat mobil masih original (sesuai dengan STNK dan bukan pengecetan ulang), goresan pemakaian wajar, kondisi ban dan kaki-kaki mobil bagus, dan mobil tersebut bukan mobil bekas kecelakaan atau pernah terkena banjir. Mobil yang pernah terkena banjir biasanya punya aroma yang kurang enak dan karpet mobil lembab.

Interior Mobil 



  • Sedangkan untuk interior mobil ; pastikan jok mobil, dashboard, AC, tombol wiper, semua lampu, pintu, peranti audio, dll berfungsi dengan baik. Urusan cek fisik begini, gue serahkan sepenuhnya pada suami sesuai bidang keilmuan yang dia tekuni selama ini. Ciiieeee, hahahaaa... 


Jok Mobil Baik


  • Karena warna mobil juga mewakili prestige pemiliknya, maka pemilihan warna mobil juga harus diperhatikan. Menurut gue, secara estetika warna mobil yang paling bagus hanya ada 3 ; hitam, alabaster, dan cokelat. Beruntung mobil yang kami pilih warnanya sesuai dengan yang kami suka.

  • Yang nggak kalah pentingnya, wajib punya produk perawatan cat mobil dan juga produk pembersih interior / eksterior mobil untuk menghindari banyak faktor yang bisa merusak mobil.






Nah... karena faktor keamanan, kenyamanan, kelas sosial, prestige, budget dan beberapa pertimbangan di atas, akhirnya kami menjatuhkan pilihan pada si kece Honda CR-V 2.0 A/T Alabaster Silver Metallic (Generasi 4) sebagai mobil pribadi kami.


Bagaimana pertimbangan kalian dalam memilih mobil ???? Share yuuuk...




(Photo by Bayu / Canon EOS M5)