February 6, 2018

Let's Talk About Food Plating and Table Setup


Untuk beberapa alasan, sebuah tradisi memang harus tetap dihormati dan dijalani demi kebaikan bersama. Salah satu tradisi yang sedari dulu dianut oleh keluarga gue adalah makan bersama dengan santapan multi hidangan. 


Buat gue, acara makan bareng keluarga dalam satu meja makan selalu jadi hal paling manis yang selalu gue tunggu-tunggu. Ketika masih di Balikpapan dulu, meja makan selalu jadi tempat terbaik kami bercengkerama dan membuat kegiatan menikmati hidangan jadi aktivitas yang paling bermakna. Kami betah duduk berlama-lama dan berbagi cerita ketika jam makan tiba.


Simple Food Plating & Table Setup


Ehm... tapi pernah nggak sih kalian tiba-tiba hilang nafsu makan ketika sudah sampai di meja makan ? Padahal laparnya sudah nggak bisa ditoleransi lagi, looh...


Nah... kalau berpikir bahwa penyebabnya adalah makanan yang nggak sesuai selera, mungkin kita butuh pula mengecek bagaimana keadaan meja makan kita. Bisa jadi, penyebab hilangnya nafsu makan karena penyajian makanan serta kondisi meja makan yang tampak kotor dan berantakan.


Sayangnya, kegiatan kecil seperti ini kerap kali diabaikan. Padahal, menata meja makan itu sama pentingnya dengan cara kita menyajikan makanan. Inilah salah satu bentuk apresiasi kita terhadap makanan dan berperan besar menggugah selera makan. Untuk itu, memiliki artistic sense yang baik tuh penting banget. 


Buat gue, hakikat gastronomi makanan bukan lagi tentang makan banyak dari satu jenis makanan saja. Tapi menyantap dengan porsi kecil-kecil dari beberapa jenis makanan. Biasanya gue akan menyiapkan lebih dari satu jenis hidangan dan petit fours untuk memperluas menu. Karena makanan yang kita suka belum tentu jadi favorit juga buat yang lain. Beda lidah, beda rasa :)


Ada buah sebagai appetizermain course seperti sayur mayur, tempe atau ayam goreng, ada juga dessert hingga bermacam kerupuk. Gue tempatkan di atas wadah yang tinggi agar lebih mencolok. Semua tersaji berbarengan di meja makan. Tinggal pilih mana yang disuka.


Satu piring saji, biasanya hanya gue isi dengan satu jenis makanan. Nggak dicampur-campur agar nggak mengganggu rasa dan pandangan. Aneh deh rasanya melihat campuran makanan berbeda jenis disajikan dalam satu piring. Sisa potongan kue bolu ditaruh di atas piring yang sama dengan lauk, misalnya. Kalau kalian terbiasa menghidangkan makanan dengan dicampur-campur begini, sebaiknya tinggalkan deh...


Gue juga nggak pernah masak nasi atau membeli sayur olahan dalam jumlah banyak, agar segera habis dan nggak perlu di warm up untuk dikonsumsi kembali di hari berikutnya. Yang jelas, ketika makanan dipanaskan kembali, nilai gizi makanan tersebut akan berkurang. Jangan sampai hanya demi makan hemat dan efisien, justru efek jangka panjangnya malah membahayakan kesehatan tubuh kita.


Buat gue, kenikmatan itu harus mendahului efisiensi. Nggak perlu harus kenyang, yang penting merasa puas dan senang. Jadi, hampir nggak pernah gue menyajikan makanan yang dipanaskan berulang kali, kecuali makanan tertentu yang justru makin enak ketika dipanaskan kembali, seperti rawon atau rendang.


Untuk melengkapi gizi makanan sehat, gue suka sedia buah dan menyiapkannya di atas piring saji, diletakkan di atas meja makan berbarengan dengan makanan lain agar lebih higienis dan mudah diambil. Bisa juga disiapkan dalam bentuk potongan-potongan kecil agar lebih mudah dimakan, seperti buah pepaya, misalnya. Buah-buahan yang tersaji cantik di meja makan selalu punya andil besar membuat suasana hati gue jadi lebih baik. Bikin lebih fresh dan tentu menyehatkan.


Nah... kalau bicara tentang dessert pasti banyak yang suka deh, hahahaaa. Bagi beberapa keluarga, dessert biasanya dipadankan dengan buah. Jadi sifatnya optional. Boleh ada, boleh nggak. Tapi, berhubung gue dan suami doyan nyemil, di rumah selalu kami sediakan dessert. Tapi gue memang rada pilih-pilih kalau soal dessert. Pilih yang mudah didapat, macam brownies dan bolen pisang. Atau jajanan pasar seperti kue lapis dan onde-onde. Makanan ini semua gue sajikan di atas piring berwarna putih agar nampak lebih stand out.


Dan yang nggak boleh luput dari perhatian kita adalah menjaga kebersihan area makan dan peralatan makan yang kita punya. Bagi kita yang suka banget makan bareng keluarga di rumah, food plating dan table setup itu penting banget loh, agar aktivitas kita di atas meja makan jadi lebih optimal. 


Selamat berkreasi, ya !