January 22, 2018

Memberi Self Reward Untuk Diri Sendiri


Ada momen dimana kita punya target besar yang kita buat sendiri ketika mengerjakan suatu project. Menghabiskan banyak waktu dan tenaga, merelakan hilangnya waktu bareng keluarga, untuk mencapai goals tertinggi yang kita mau.


Ya... Jangankan dengan manusia lain, kita juga kerap kali egois ketika berurusan dengan diri sendiri.  Kecenderungan kita mengharuskan diri mencapai posisi dominan dalam struktur sosial, keinginan kita akan pujian dan ambisi demi memenuhi ekspektasi, kadang membuat kita lupa untuk berterimakasih pada diri. Padahal kita juga manusia yang butuh menghargai diri sendiri, kan ?


Yang sering kali terjadi, apa yang kita inginkan belum tentu bersanding sempurna seperti apa yang ditakdirkan. Beberapa hal yang kita miliki saat ini mungkin hanya berasal dari ambisi kita yang ditinggi-tinggikan. Tapi, bukan manusia namanya kalau memilih berdiam diri dengan keadaan.


Ehm... kalau gue pikir-pikir, memberi penghargaan atas diri ternyata bukan perkara mementingkan urusan pribadi. Melainkan bentuk apresiasi kita atas usaha dan kerja keras yang sudah kita lalui. Bukan hanya ketika berhasil mencapai goals tertinggi yang kita mau, tapi juga ketika hasil yang dicapai ternyata jauh di bawah ekspektasi kita.


Tapi, nggak perlu berharap lah orang lain memberi apresiasi ke kita dan memikirkan sebesar apa reward yang pantas kita terima. Kita sendiri bisa kok memberinya. Lagi pula, semakin tua kita, hadiah yang kita beri untuk diri sendiri harusnya jadi semakin sederhana. Semuanya bisa diwujudkan melalui hal-hal sederhana seperti ini, ya.



Makan Bareng Sahabat sebagai Salah Satu Self Reward untuk Diri Sendiri


  • Keep Learning

Salah satu bentuk apresiasi paling berharga yang bisa gue beri untuk diri sendiri adalah pengetahuan. Apapun ilmu baru yang gue terima, akan membuat gue menjadi manusia yang bertumbuh. Belajar menyempurnakan diri dengan mempelajari bahasa dan kosakata baru, misalnya. Ya, belajar itu memang harus dimulai dari diri sendiri. Memahami impian, memberi ruang untuk impian, belajar bersama impian, dan siap berjuang demi impian. It could be something that helps us evolve as a person. Never ending learning process inilah yang gue maknai sebagai self reward untuk diri.  

  • Commited to Doing Good

Pemberian terbaik yang gue lakukan bagi orang lain selama hidup akan jadi bekal perjalanan paling indah yang bisa gue beri untuk diri sendiri. Mungkin gue termasuk manusia yang gampang banget dibuat bahagia. Bahagia yang gue ciptakan sendiri. Berbagai laku sederhana seperti menjaga jadwal makan di rumah, makan bareng sahabat, membersihkan dan mempercantik rumah, belanja di pedagang pasar tradisional tanpa banyak menawar, menyiapkan makanan terbaik, menyapa tetangga tiap kali bertemu, mengunjungi keluarga, memaafkan orang lain atas kesalahan yang terjadi di masa lalu, dan nggak lupa untuk mengucap terima kasih. Sesederhana itu ya ? Karena kebaikan nggak melulu harus dilakukan dengan cara yang istimewa.

  • Be Thankful For Everything We Have & We Don't Have

Apapun yang gue miliki saat ini, gue yakini sebagai bagian dari Doa kedua orang tua gue. Suami, keluarga, sahabat yang gue pilih menjadi tempat untuk mempercayakan banyak cerita. Sementara apapun yang belum gue miliki, inilah kesempatan gue untuk berbenah diri. Ya, bersyukur itu bentuk terima kasih gue yang harus benar-benar diucapkan dan dikerjakan karena hati. Untuk semua hal yang nggak sesuai ingin nya gue, tapi ternyata masih banyak hal-hal baik yang gue dapat darinya. Ya, bersyukur selalu jadi jalan sederhana untuk mengantarkan kita pada terkabulnya impian dan doa.





Semoga kita nggak pernah lupa untuk berterimakasih pada diri sendiri, ya


Happy Monday, XOXO :)