November 3, 2017

Live a Life You Love


Tiap kali mendengar orang bercerita tentang sukses, gambaran yang selalu mereka beri ke gue ya nggak jauh-jauh dari harta dan tahta...


Photo by Google 'Book on Beach'


"Eh... si itu makin sukses loh sekarang, jadi bos perusahaan tambang, mobilnya 5 mewah semua, rumahnya 3, buka usaha dimana-mana"

"Ya ampun... dia tuh dulunya cuma kerja serabutan, tapi sekarang sukses ngantongin 500 juta perbulan..."


Ya sah-sah saja, sih. Tapi disinilah letak exciting nya. Jalan menuju sukses bagi tiap orang jelas tak sama. Karena sukses bagi dia, sukses bagi mereka, dan sukses bagi gue pasti berbeda. Jadi, boleh dong gue berbagi sedikit tentang sukses versi gue ? Ehm... gue lebih nyaman menggambarkan sukses dari 3 hal ini :


1. You Know Exactly What You're Really Passionate About !

Kita nggak akan takut dibayang-bayangi oleh sukses hidup versi mereka. Kita nggak akan menyerah dan berlutut pada ketidakpastian. Ada semacam kekuatan dan kemampuan untuk terus berjuang meski hidup tak henti menawarkan banyak tantangan. Namun ketika kita tau apa yang kita mau, segalanya akan terasa lebih mudah. Rasanya hidup berjalan lebih nyaman. Ehm... meski ada masa dimana kita nggak selalu dapat apa yang kita mau, percaya lah... DIA pasti selalu punya banyak cara untuk menggenapi janjinya.


2. Live a Life You Love

Karena tiap orang punya ketrampilan dan talenta yang berbeda, maka nggak ada seorang pun yang punya kreatifitas sama persis dengan kita. Kita masing-masing punya kesempatan untuk berkembang dengan apa yang kita suka. Jadi nggak perlu khawatir dengan celaan orang tentang pilihan hidup kita.

Awalnya blog ini gue bangun untuk belajar menulis. Berbagi informasi apapun yang gue punya. Lama-lama gue sadar, blogging buat gue bukan hanya sekedar sebar menyebar kata. Inilah ruang terbuka yang gue ciptakan untuk berproses dengan diri. Menulis tentang apa yang gue suka. Hati gue tertambat disana. Selalu ada gravitation or attractiveness buat gue untuk terus belajar membuat konten yang menarik. Keinginan inilah yang buat gue sangat menikmati prosesnya. 


3. You Reap What You Sow

Sukses itu juga tentang menyemai kebaikan bagi banyak orang. Kenapa harus banyak orang ? Ya, karena apa artinya sukses kalau hanya sendirian ? Bukan hanya tentang uang, namun juga hal-hal sederhana seperti menyemai perhatian dan kasih sayang. Untuk itu, kita harus jadi orang baik. Meski gue juga tau, becoming a good person really need a hard work. Kita harus lebih banyak memberi sebelum kita ingin menerima lebih banyak. Meski kadang apa yang kita beri, diterima tanpa balik terima kasih. Atau bahkan mereka yang menerima tak tau jika hal baik itu perantaranya adalah kita. But it's okey. Karena misi kita hanya menyemai, bisa menuai itu bonus. Karena hati yang bahagia, sudah cukup rasanya :)