September 21, 2017

Laki-Laki yang Passionate dengan Hobinya


Pak Arif... Laki-laki yang gue kenal sangat passionate dengan hobinya, seorang penikmat vespa klasik. Baginya... scooter classic itu bukan hanya sekedar hobi, tapi juga identitas dan pengakuan.


Perkenalannya dengan scooter 2 tak ini sebenarnya sudah terjalin sejak ia masih taman kanak-kanak. Papa, Pakde, serta Mamanya saat itu memiliki vespa klasik yang jadi teman perjalanan mereka sehari-hari. Ia kerap kali diantar oleh Mamanya ke sekolah dengan vespa. Jadi tak heran jika vespa klasik selalu punya tempat dihatinya. Sampai akhirnya ia memiliki vespa pertamanya saat duduk di bangku SMP, sebuah Vespa Sprint keluaran 1974 berwarna merah. 



Pak Arif & Gue Jalan-Jalan ke Ketep Pass bareng Si Red Bull (Vespa Sprint 1974)

Baru Selesai Dibangun (Vespa Super 1962)


Meski sampai saat ini baru memiliki 2 buah vespa klasik, namun masing-masing dari keduanya punya karakter tersendiri. Vespa Super keluaran 1962 untuk city tour dan Vespa Sprint keluaran 1974 untuk kebutuhan tour luar kota. Ketika di Surabaya, gue sering diajak Pak Arif untuk menghadiri acara-acara komunitas nya atau sekedar morning ride. Yang paling membuat gue bangga, ia 'membangun' kedua vespa nya sendiri. Mulai dari turun mesin, menambah aksesoris, sampai cat body. 


Karena padatnya jadwal menyelesaikan Thesis dan mengajar yang cukup menyita banyak waktu, hobinya ini harus ia hentikan beberapa lama. Baru hari ini deh ia mulai membelai manja kembali kesayangannya. Keduanya sudah mulai dihidupkan meski hanya sekedar untuk warm up. Tak lupa juga ia mengecek ulang beberapa peralatan yang wajib selalu ada dalam bagasi vespa nya. Oli samping, obeng, kunci ganjil, tang, tali kopling, busi, dan lainnya.



Mumpung Libur Manjain Si Red Bull duluuuu ~


Beruntung ia masih terhubung dengan teman-teman lamanya dari Scooter Club Surabaya yang sering berbagi informasi di WA grup mengenai vespa. Mulai dari jual beli vespa, aksesoris, spare part, hingga event vespa yang akan diselenggarakan di Jogja pada 23-24 September 2017 mendatang. 


Well... Vespa hanyalah satu bagian dari banyak sisi kehidupan Pak Arif yang lain. Sehingga bukan berarti seluruh waktunya ia habiskan untuk itu. Ia tetap memiliki ruang lain untuk berkembang, memelihara dan merawat puluhan pasang love bird miliknya. Bukan hanya sekedar hobi, tapi sudah sampai dalam level ahli.


Karena baginya, hidup itu harus seimbang. Ada unsur hidup lain yang juga harus diperhatikan. Sedangkan passion itu bicara soal 'waktu', ia tau kapan waktunya berhenti sejenak dan membuka diri dengan peluang lain, yang akan dikenang sebagai bagian dari perjalanan hidupnya.


So take your hobby and enjoy your holiday yaaa ~