June 4, 2017

Cara Merawat Sepatu Agar Nampak Terus Seperti Baru


Sebenarnya banyak hal yang bisa coba kita lakukan untuk membuat akhir pekan di Ramadhan kali ini jadi lebih bermanfaat dan menyenangkan. Buat gue akhir pekan adalah saatnya meluangkan waktu untuk hal-hal sederhana yang mungkin sering terlupakan. Menata ulang baju-baju di lemari pakaian, menyusun kembali buku-buku yang cukup berantakan, dan merawat sepatu-sepatu kesayangan.



Sepatu-Sepatu Kesayangan Gue



Simpan Sepatu Dalam Kotak Transparan

Salah satu cara gue merawat sepatu kesayangan gue adalah dengan menyimpannya pada tempat yang benar. Gue membagi sepatu-sepatu kesayangan gue jadi 3 kategori ; sepatu yang sering banget digunakan, sepatu yang digunakan untuk special occasion saja, dan sepatu yang jarang banget digunakan. Nah, 3 kategori sepatu ini punya tempat penyimpanan yang berbeda-beda.

Sepatu yang sering banget gue pakai, selalu gue taruh di rak sepatu biasa agar mudah mencarinya. Berhubung sering dipakai dan ditaruh pada rak sepatu yang memungkinkan terpapar kotoran, biasanya sepatu-sepatu ini gue cuci satu bulan sekali.

Untuk sepatu yang gue pakai saat special occasion doang, gue simpan dalam kotak sepatu transparan (transparent shoe box) berbahan plastik mika. Selain jadi nampak lebih rapi, sepatu gue juga jadi nggak mudah rusak, karena kotak sepatu transparan ini mempunyai lubang khusus untuk sirkulasi udara. Lo bisa dapatkan kotak sepatu transparan model ini di seluruh ACE Hardware yang ada di kota lo.

Sedangkan untuk sepatu yang jarang banget gue pakai, cukup gue simpan di kotak sepatu aslinya saja dan gue tambahkan silica gel agar jamur nggak cepat tumbuh di dalamnya.




Selalu Bersihkan Setelah Digunakan

Sebaiknya sepatu-sepatu kesayangan kita disimpan dalam keadaan bersih sebelum dimasukkan dalam kotaknya. Untuk sepatu yang gampang kotor seperti sneakers, gue selalu bersihkan area outsole dengan cara menyikatnya perlahan menggunakan tooth brush bekas dan sedikit sabun colek. Setelah disikat, bilas dengan air, lalu dijemur. Nah... agar nggak perlu repot mencuci bagian dalam sneakers atau sepatu-sepatu lo yang lain, ada baiknya lo gunakan kaos kaki saat mengenakannya. Kaos kaki juga akan melindungi sepatu dari bau tak sedap !

Untuk bercak kotor di sepatu akibat percikan air, gue biasanya hanya menggunakan dryer sheet atau tisu basah untuk membersihkannya, lalu di lap kembali dengan tisu kering supaya tidak lembab. Tapi ini hanya berlaku untuk sepatu-sepatu kulit saja. Jadi gue sarankan, sepatu-sepatu lo sebaiknya dibersihkan sesuai dengan bahannya.


Penting Juga Untuk Menambahkan Silica Gel Dalam Kotak Sepatu

Silica gel bisa menyerap kelembaban dari sepatu yang kita simpan di kotak sepatu setelah dicuci atau dibersihkan. Juga berfungsi menghilangkan bau yang mungkin muncul dari sepatu. Si kecil ini juga bisa didapatkan di ACE Hardware.



Sepatu yang Jarang Digunakan, Cukup Disimpan dalam Kotak Aslinya

Salah Satu Sepatu Gue yang Berbahan Kanvas

Sepatu Gue yang Berbahan Kulit Brush Off

Sepatu Gue yang Berbahan Bludru

Sepatu Gue lainnya yang Berbahan Kanvas


Sederhana dan mudah kan ??? Jadi tidak ada alasan lagi yaaa untuk malas merawat sepatu. Jika sepatu kita rutin dibersihkan dan dirawat, sepatu-sepatu kesayangan itu bakal jadi teman jalan paling kece dan tidak akan mengecewakan penampilan deh :)