May 20, 2017

Ramadhan Will Be Coming Soon


Gaung Ramadhan sudah mulai terasa, ya. Kajian Subuh hari ini tema-nya tentang persiapan puasa, ibu-ibu di sekitar Masjid juga sudah pada punya ide mau jualan apa. Bahkan gue dan Pak Arif malah sudah ngobrolin mau beli baju lebaran dimana, lol. Padahal puasa aja belum dimulai, wkwk...



(Photo Gue Ambil dari Pinterest)



Alhamdulillah kurang lebih satu minggu lagi kita masuk bulan Ramadhan. Gema nya setiap tahun menyapa kaum Muslim, nggak hanya di Indonesia melainkan juga diseluruh dunia. Ada yang menyambutnya penuh suka cita, ada juga yang biasa-biasa aja. Semoga kita termasuk dalam golongan yang menyambut puasa Ramadhan dengan gembira dan bisa mengambil hikmah dari puasa itu sendiri.


Meski ketika Ramadhan gue suka lapar mata dengan menu-menu yang dijual untuk berbuka puasa, nyatanya buat gue Ramadhan lebih dari sekedar moment berbuka dengan menu istimewa. I close my eyes and then tiga pertanyaan ini terus berputar-putar di kepala gue. What should I do to prepare Ramadhan ??? What's the best way to connect with Allah SWT during Ramadhan ??? What's the best thing I can do to make Allah SWT happy now and forever ??? 


Let me tell you first, I don't wanna be a motivator here karena gue bukan motivator. Gue lebih suka berbagi pengalaman. Buat gue, berpuasa itu bukan hanya tentang menahan nafsu, amarah, makan, dan minum. Bukan hanya di hari pertama sampai hari terakhir. Lebih dari itu, puasa Ramadhan adalah bagaimana kami berdua sebelum dan setelahnya. Beberapa hal yang berusaha terus kami lakukan dan bisa kami bagi ke kalian. Semoga kalian cukup berkenan membacanya dan dijauhkan dari prasangka buruk terhadapnya :)



1. Trying to Pray on Time

Sholat itu Iman booster yang pertama. Bukan sekedar menggugurkan kewajiban tapi sudah jadi bagian dari kebutuhan. Sometimes inside you is broken, sometimes is missing, and then you feel nothing. Lo butuh ngobrol sama DIA, lo butuh curhat sama DIA, lo butuh didengarkan oleh-Nya. Begitu pun kami dan Muslim lainnya. Maka sholat adalah cara yang utama. Karena amalan yang paling dicintai oleh-Nya adalah sholat tepat waktu, maka persiapkan diri sebelumnya, berusahalah sholat tepat waktu dan jangan menunda-nunda. Kalau kita benar-benar menjaga waktu sholat, pasti DIA juga akan menjaga apa-apa yang kita minta. Terutama nikmat iman, sehat, dan hidup bahagia. We pray because one simple reason, because we love Allah SWT.


2. Reciting Qur'an Daily As Much As We Could

Karena suasana nya yang lebih tenang, maka menjelang Subuh dan setelah Magrib adalah waktu favorit kami berdua untuk baca Qur'an. Gue akan selalu menjadikan hal ini sebagai cara gue untuk minta nasihat dari-Nya. Kalau DIA sudah berkehendak, rasanya baca Qur'an tuh seperti magic. Meski iman kita ups and down tapi ketika baca Qur'an dan memahami maknanya sudah jadi habit kita, gue yakin there's no turning back to your black world. Ini akan terus jadi bagian dari perjalanan hidup lo. Lo akan menemukan hikmah dari tiap kejadian baik atau buruk yang lo alami. Lo akan dapat arahan atas apa yang akan lo kerjakan. Terlebih lagi, lo akan merasa ada yang kurang ketika sehari aja lo nggak membacanya. The more you read, the more you'll want to read. Kalau di bulan Ramadhan pahala kita akan dilipat-gandakan, apalagi ketika kita bisa baca Qur'an seterusnya ??? It's magicaly blissful buat gue.


3. Give Sodaqoh More Regularly

Semua hal baik yang bisa lo beri pada orang lain adalah sedekah. Bicara yang baik, mengajak untuk terus mengingat Allah SWT, menyiapkan sahur, menyediakan menu berbuka, bahkan menjaga tubuh kita tetap sehat sebelum dan setelah puasa pun termasuk dalam sedekah. Nggak hanya ketika bulan Ramadhan, tapi diusahakan konsisten seterusnya. It doesn't have to be a lot, kok. Dengan lo menyediakan kue kecil dan teh hangat untuk berbuka puasa di masjid, meski jumlahnya sedikit, itu sudah termasuk sedekah, loh. As long as it's done with the intention of seeking Allah's pleasure :)



So there are what we do, anything we tried to do consistently. Semoga bisa membantu kalian juga ya. Sekali lagi gue ingin ngucapin Selamat Menyambut Ramadhan. Semoga kita semua diberi keikhlasan, kesehatan, dan kekuatan untuk menjalankannya dengan sempurna. Yeay !



- Ellany & Arif -