May 10, 2017

Korupsi Kecil-Kecilan


Bosen nggak sih lo baca artikel gue mostly isinya hanya pengalaman kuliner dan daily life gue yang kata-katanya (sok) memotivasi itu ??? Kesannya hidup gue nih sempurna dan bahagia banget. Tapi memang iya, hidup gue (harus) bahagia dan gue hanya ingin berbagi hal positif meski untuk itu gue harus menemukan hal baik atau melalui hal kurang menyenangkan lebih dulu.


Hari ini kita cerita santai aja, yuk. Aktivitas sehari-hari kita yang mungkin ada kaitannya dengan berita yang selalu jadi topik paling panas di negeri ini. Kalian masih ingat nggak dengan Abraham Samad dan Novel Baswedan ??? Kalau ngobrolin kedua lelaki ini pasti yang muncul pertama kali dalam pikiran kita adalah KPK, lembaga negara yang tugasnya memberantas Korupsi. Trus apakah kedua lelaki tadi pelaku korupsi ???? Oh bukan wewenang gue untuk membahas itu, bukan itu juga yang ingin gue bahas disini.


Tapi kalau ngobrolin aktivitas kita sehari-hari, bisa jadi loh kita sendiri kerap kali melakukan korupsi. Nggak melulu identik dengan uang, terkadang hal-hal tercela di bawah ini meski kecil suka sering dilakukan tanpa beban. Coba check yuk...



(Photo by Urbancikarang.com)




Korupsi Peluang

Pernah nggak sih lo makan di warung prasmanan, ambil porsi sesukanya, makan sepuasnya, tapi setelah makan lo bayar seenaknya ! Lo bayar kurang dari total harga makanan yang lo ambil. Mentang-mentang lo akrab dengan si pemilik warung, lokasi rame karena banyak juga yang makan, lo jadikan peluang itu untuk berbuat nggak jujur. Akhirnya, tahu tempe yang lo makan 3, tapi cuma 1 yang lo bayar. Hati-hati, makan nggak berkah itu bisa jadi pemicu munculnya penyakit loh :)


Korupsi Waktu 

Hobi nonton bioskop yang tayangnya barengan dengan waktu sholat magrib ? Ujung-ujungnya jadi sholat diakhir waktu atau waktu sholatnya malah terlewat ! Masa masuk ke gedung bioskopnya aja tepat waktu, tapi sholatnya malah nggak, hahahaaaa. Penting mana sholat apa nonton ???


Korupsi Antrian

Kebiasaan antri itu udah jadi budaya dalam hidup kita. Di bank, di pom bensin, di loket karcis, di kasir, di gerbong kereta, atau dimana pun itu. Dan yang namanya antri memang butuh ekstra sabar apalagi antriannya cukup panjang. Nunggu dapat giliran, eeeehhhh tiba-tiba ada yang nyerobot antrian lo. Ini sering banget terjadi dan gue juga pernah (jadi pelakunya). Belajar dari situ, kalau gue diposisi dia yang gue serobot antriannya yaaa nggak enak juga sih.....


Korupsi Kepercayaan

Lo yang digaji oleh rakyat dan diberi kepercayaan memperjuangkan nasib rakyat justru malah sibuk memperkaya diri sendiri. Tapi lo justru marah besar ketika dicap sebagai orang yang nggak pernah cukup uang karena lo merasa kaya raya. Akhirnya sikap lo malah makin memperburuk citra yang udah lo bangun sekian lama. Kalau kepercayaan udah hilang, lo bisa apa ???




Ini sih 4 korupsi kecil-kecilan yang menurut gue sadar nggak sadar sering banget dilakukan banyak orang. Ah, semoga kita makin paham kalau jadi koruptor itu nggak ada bagus-bagusnya. Sekecil apapun hal yang mungkin bisa kita salah-gunakan.