May 18, 2017

Rumah Selalu Bersih & Rapi Meski Sibuk Bekerja. Kenapa Tidak ???


Dari kacamata gue, rumah yang terjaga bersih dan rapi besar kemungkinan akan membuat seluruh penghuninya merasa nyaman dan lebih bahagia. Tapi memang agak sulit yaaa menjaga rumah tetap bersih dan rapi kalau punya binatang peliharaan, ditambah lagi kebiasaan kurang baik para penghuninya. Malas meluangkan waktu untuk beberes rumah dengan dalih toh nanti bakal berantakan lagi. Yaaa harus diakui kita tetap butuh area tertentu yang bersih untuk beraktivitas. Kelihatannya bersih-bersih itu memang capek, tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan lantas dibiarkan. Karena ini hanya soal kebiasaan dan dukungan satu sama lain.


Ruang Tamu jadi gambaran Rapi & Bersihnya sebuah rumah secara keseluruhan (Balikpapan)


Sebenarnya nggak perlu ruangan yang luas untuk membuat barang-barang di rumah lo bisa tertata rapi. Saking banyaknya barang, lo jadi suka dibuat pusing gimana cara menatanya. Padahal dibalik rumah yang nyaman selalu ada orang rajin yang giat menjaga kebersihannya, LOL. Meski nggak punya pembantu dan nggak punya banyak waktu karena sibuk bekerja, bisa kok rumah lo dijaga tetap dalam kondisi bersih dan rapi.


Sayang, solusi dari masalah ini nyatanya lebih dari sekedar menyewa jasa pembantu. Berikut hal-hal kecil yang biasa gue dan keluarga gue lakukan agar selalu merasa nyaman ketika sedang bersantai di rumah. Yuk disimak yuk, siapa tau ada 1 atau 2 yang bisa kalian tiru. Sederhana dan murah banget. Kuncinya adalah DISIPLIN dan KONSISTEN !



Sehingga meja makan harus selalu terjaga Rapi dan Bersih, sebelum atau sesudah makan (Balikpapan)

Serambi rumah sebagai tempat santai sore harus disapu setiap hari (Balikpapan)

Area di sekitar kolam ikan pun bisa jadi tempat santai asal bersih & nggak bau (Balikpapan)

Rumah Bersih akan Membuat Seluruh Penghuninya Bahagia !



1. Bersihkan Rumah Setiap Hari Selepas Subuh

Ini yang sejak kecil dan setiap hari jadi tontonan gue di rumah Balikpapan. Selepas subuh, gue selalu melihat ayah dan mama gue beberes rumah di area nya masing-masing. Mama bagian menyapu dan ayah bagian mengepel lantai. Apalagi saat akhir pekan, waktu beberesnya semakin panjang, LOL. Tanpa disuruh atau menunggu kotor, orang tua gue paham betul akan tugasnya masing-masing dan konsisten mengerjakannya. Lama kelamaan kebiasaan itu menular juga ke gue dan adik gue. Meski dia cowok, kamar tidur di kost nya selalu rapi. Setelah menikah, gue jadi ngerasain banget manfaat dari semua kebiasaan-kebiasaan yang selalu dicontohkan oleh kedua orang tua gue ini :)


Ini kamar adik gue. Meski dia cowok, kamarnya rapi loh !

Laki-laki juga harus concern terhadap kebersihan & kerapian kamarnya


2. Selalu Letakkan Barang Pada Tempatnya

Ini yang selalu dipesan oleh Mama. Jangan taruh barang sembarangan yang bukan pada tempatnya ! Si Mama bisa ngomel seharian kalau dia nggak segera menemukan barang yang akan dia gunakan. Padahal mungkin dia sendiri yang lupa taruhnya dimana, LOL. Jangan pernah taruh baju di atas rak sepatu, jangan pernah taruh pisau atau gunting di kursi ruang tamu, jangan biarkan kertas-kertas berserakan di atas meja, jangan biarkan charger tertancap di stok kontak berlama-lama, jangan biarkan kabel menjulur kemana-mana. Hentikan kebiasaan buruk itu ! Kalau lo menaruh barang sembarangan, secara nggak langsung lo juga akan mengganggu aktivitas anggota keluarga lo yang lainnya. Sebaiknya segera rapikan semua barang yang lo punya dan letakkan pada tempat tersendiri, jadi ketika dibutuhkan lo segera tau harus kemana mencarinya. Lagian apa nggak sumpek tuh ngelihat barang berserakan ??? Ckckck...


Dapur sehat itu harus selalu Bersih, Rapi, dan Bebas Bau (Balikpapan)


3. Jangan Menumpuk Barang Hingga Berserakan di Gudang

Kalau gudang identik sebagai tempat kotor dan bau, itu nggak berlaku di rumah gue. Boleh percaya boleh nggak, gudang di rumah gue selalu dalam kondisi rapi. Ayah selalu menjaganya tetap rapi dan terkunci. Caranya, lo harus alokasi kan waktu beberapa menit untuk membuat prioritas barang mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang. Meski itu barang kenangan, barang lungsuran, atau barang warisan sekali pun. Kalau nggak mau dibuang atau terbuang yaaa mestinya lo jaga kerapian dan kebersihannya donk :)


Siapa bilang gudang identik dengan kotor & bau ? Look at This ! (Balikpapan)


4. Langsung Bersih & Bereskan Perkakas Setelah Digunakan

Ini kebiasaan yang jarang banget bahkan hampir nggak pernah gue lihat di rumah-rumah lainnya. Di rumah Balikpapan, masing-masing orang bertanggung jawab untuk langsung mencuci piring atau perkakas yang digunakannya setelah makan. Jadi gue pastikan lo nggak akan pernah lihat piring kotor bertumpuk di wastafel rumah gue. Begitu pun di rumah Solo, setelah makan atau masak langsung gue cuci dan bersihkan perkakasnya. Juga segera gue bersihkan noda bandel yang jatuh menempel di lantai. Kalau lo tetap malas, jangan heran deh kalau peralatan dapur yang lo punya jadi cepat aus atau rusak.



Ruang Makan juga jadi tempat dimana kita menghabiskan waktu bareng keluarga (Balikpapan)


5. Rutin Bersihkan Kamar Mandi

Menyikat lantai kamar mandi & toilet, menyapu langit-langit kamar mandi, dan menggosok bak mandi itu memang butuh komitmen kuat sih. Karena kalau dibiarkan kotor terlalu lama, biasanya lantai kamar mandi akan jadi licin, langit kamar mandi akan jadi sarang laba-laba, dan bak mandi akan jadi tempat tumbuhnya jamur. Yeeiikks ! Itu menjijikkan banget. Jadi meski kamar mandi gue nggak mewah, tapi gue selalu berusaha untuk rutin membersihkannya dua kali seminggu.


Kamar Mandi wajib dibersihkan minimal 2X seminggu (Balikpapan)


6. Rapikan Tempat Tidur Setiap Pagi

Ini hal terakhir yang gue lakukan setelah ruang tamu dan dapur sudah dalam keadaan bersih dan rapi. Merapikan seprai, membuka jendela, menyapu lantai, menghilangkan debu-debu di sudut kamar, dan dua kali seminggu biasanya gue pel. Supaya kamar gue selalu bersih, rapi, wangi, dan buat suami gue betah lama-lamaan di kamar. Apaan sih ! LOL.


Kamar Tidur sebagai Ruang Paling Privasi juga harus terjaga bersih & rapi (Balikpapan)


Enam point di atas adalah sebagian kecil yang selalu dilakukan orang tua gue di rumah Balikpapan. Hal kecil yang berdampak besar ketika lo konsisten melakukannya. Meski hasil akhirnya nggak selalu sesuai yang gue harapkan, tapi hal-hal kecil di atas juga selalu gue terapkan di rumah Solo. Setidaknya buat gue sedikit lebih betah di rumah dan gue makin disayang suami, wkwkwk.


Nggak mau donk malu ketika tamu tiba-tiba datang dan buru-buru pulang karena melihat penampakan rumah lo yang berantakan itu ??? Mulai sekarang, rubah semua kebiasaan buruk yang tanpa sadar sering lo lakukan, terutama demi kesehatan seluruh keluarga lo. Karena Allah SWT pun mencintai kebersihan. Kalau kebersihan yang nampak mata aja nggak bisa lo jaga, gimana mungkin menjaga kebersihan yang nggak nampak mata ??? Hohoooo... Selamat bersih-bersih yaaa. Say good bye to sifat malas & rumah sumpek !