March 28, 2017

Untuk Mereka yang Memilih Tinggal Bersama / Selalu Dekat dengan Orang Tua


Ya, setiap manusia selalu dilahirkan untuk dihadapkan pada pilihan. Pilihan yang harus diambil dengan penuh kesadaran. Seperti mereka yang (setelah menikah) memilih untuk tetap tinggal bersama atau dekat dengan orang tua. Kerap kali dianggap takut mengambil resiko besar dan dianggap belum bisa mandiri dibandingkan mereka yang berani angkat kaki dan tinggal jauh dari rumah. Dianggap cari aman karena takut keluar dari zona nyaman. Padahal sebuah pilihan sejatinya diambil bukan tanpa resiko dan alasan......




  • Seiring bertambahnya usia kita, usia orang tua juga semakin menuju senja. Mungkin dulu mereka masih sanggup melakukan banyak kegiatan seorang diri, namun diusia senjanya tak bisa dipungkiri mereka pasti membutuhkan bantuan dari anak-anaknya dalam banyak hal. Karenanya orang tua tetap jadi prioritas utama dan salah seorang anaknya harus tetap tinggal untuk berjaga. Berbahagialah karena masih diberi kesempatan berbakti pada orang tua :)



  • Memilih tinggal bersama / dekat dengan orang tua kerap kali dianggap tak mampu mandiri. Masa sih ???? Apa iya mandiri selalu identik dengan hidup terpisah dari orang tua ??? Saya rasa nggak. Mandiri artinya tidak bergantung pada orang tua, bertanggung jawab penuh terhadap pilihan, dan dengan usahanya sendiri ia mampu mencari solusi sebuah persoalan. Bukankah itu jauh lebih membanggakan ? :)

  • Keinginan setiap orang pasti berbeda. Jalan meraih keberhasilan pun tak melulu sama. Yang terpenting ialah tidak kufur nikmat, merasa cukup dengan semua yang ada, terpenuhi semua kebutuhannya, dan bisa mengurangi beban orang-orang di sekitarnya. Mereka yang memilih tinggal bersama / dekat dengan orang tua pasti punya keyakinan penuh bahwa bekerja bisa dimana saja dan rizki bisa datang dari arah yang tak disangka-sangka asal dibarengi dengan usaha dan doa. 



Lalu atas dasar apa mereka yang memilih untuk tetap tinggal bersama / dekat dengan orang tua dianggap tidak lebih mandiri daripada mereka yang memilih keluar dari rumah ??? Ingat... Rizki tak akan pernah tertukar dan berkah dalam rumah tangga itu yang perlu dikejar :)






(Photo by Canon EOS M5)