December 12, 2016

Nasi Kuning Banjar Warung Kindai Jogjakarta


Everyone certainly have the memory about their favorite childhood meal, including me. Sometimes food also reminds me when I was young. It could transport me back to the unforgettable time and place, Balikpapan. If I had to think the childhood meal that came to my head was nasi kuning. My dad always bought me nasi kuning from stall located near home for every breakfast time menu, until it's become main food on my breakfast-food list. The menu I remember most from my childhood. It makes me smile often. I wondered why I'm not bored to eat nasi kuning, huh ? LOL...

Tiap orang pasti punya ingatan tentang makanan favorit masa kecil mereka, begitu pun gue. Kadang makanan juga mengingatkan gue ke masa-masa muda dulu. Makanan favorit bisa membawa gue kembali ke waktu dan tempat yang nggak akan bisa gue lupakan, Balikpapan. Kalau gue ingat-ingat lagi, makanan masa kecil yang muncul di kepala gue itu nasi kuning. Ayah selalu membelikannya dari warung dekat rumah sebagai menu di setiap waktu sarapan, sampai-sampai jadi makanan wajib dalam daftar menu sarapan gue. Menu yang paling gue ingat dari masa kecil gue. Buat gue jadi suka senyum-senyum sendiri. Gue sampai heran, kenapa gue nggak pernah bosan makan nasi kuning ya? Hahahaaa... 


Every breakfast before go to school, I truly loved the smell of nasi kuning telur bumbu bali had present on the table. It's more delicious to eat with simple type of side dish like telur pedas bumbu bali (spicy eggs), ikan pedas bumbu bali (spicy fish), ayam goreng (fried chicken), opor ayam (braised chicken in coconut milk), sambal goreng kering tempe (fried tempe caramelized in spicy sauce), krengsengan (slices of meat), cucumber slices, serundeng, and sambal (spicy sauce). But my favorite is nasi kuning only with telur pedas bumbu bali (spicy eggs) and sambal goreng kering tempe (fried tempe caramelized in spicy sauce).

Tiap sarapan sebelum berangkat sekolah, gue suka banget dengan aroma nasi kuning telur bumbu bali yang sudah tersaji di meja makan. Biasanya nasi kuning lebih nikmat dimakan dengan tambahan pendamping sederhana seperti telur pedas bumbu bali, ikan pedas bumbu bali, ayam goreng, opor ayam, sambal goreng kering tempe, krengsengan, potongan timun, serundeng, dan sambal. Tapi favorit gue itu nasi kuning cukup dengan telur pedas bumbu bali dan sambal goreng kering tempe. 




Nasi Kuning Banjar


Learn from the history, nasi kuning actually the dish originates from Java and it usually consumed only as special dish to celebrate the big occasions. Like Independence Day of Indonesia, birthdays, reunions, or selamatan in Java culture. But now ,nasi kuning becomes one of the most common food usually consumed in Kalimantan. Almost every day in my home you know, lol...

Belajar dari sejarah, nasi kuning sebenarnya adalah makanan asli dari Jawa dan biasanya hanya di konsumsi sebagai makanan istimewa dalam perayaan acara-acara besar. Seperti 17 Agustus, acara ulang tahun, acara reuni, atau acara selamatan dalam budaya Jawa. Tapi sekarang, nasi kuning menjadi salah satu makanan yang umum di konsumsi di Kalimantan. Hampir tiap hari ada di rumah gue tau nggak, hahahaaa...


For those who craving for nasi kuning, in Yogyakarta there's a food stall serves delicious nasi kuning banjar, it's name Kindai. Kindai also serves other popular Borneo's food, soto banjar. I feel like nostalgic here.

Nah buat kalian yang pengin banget makan nasi kuning, di Yogyakarta ada sebuah warung menyajikan nasi kuning khas Banjar yang enak banget, namanya warung Kindai. Kindai juga menyajikan makanan populer khas Kalimantan lainnya, soto banjar. Gue seperti bernostalgia disini. 


Only for information, there's a different between nasi kuning banjar with nasi kuning jawa. Nasi kuning jawa commonly eaten with various types of side dish as I described before, but for nasi kuning banjar already delicious enough to eat just with one side dish. I don't think I've taste the same between them, daun salam and other completeness ingredient are most widely used for nasi kuning jawa. Nasi kuning banjar not using too much spices and simply presented. I'm so in love with both of them.

Untuk informasi aja nih, ada yang berbeda antara nasi kuning khas Banjar dengan nasi kuning khas Jawa. Nasi kuning khas Jawa umumnya dimakan dengan makanan pendamping yang udah gue jelaskan di atas, tapi untuk nasi kuning khas Banjar sebenarnya sudah cukup enak dimakan hanya dengan satu jenis makanan pendamping. Rasanya juga berbeda, daun salam dan kelengkapan bumbu lainnya banyak digunakan untuk membuat nasi kuning jawa. Sedangkan nasi kuning banjar nggak terlalu menggunakan banyak bumbu dan disajikan dengan sangat sederhana. Gue suka dua-duanya. 


Tell me, what's your favorite childhood meal ???

Kasih tau gue donk, apa sih makanan favorit masa kecil kalian ???





Warung Masakan Banjar Kindai Yogyakarta

  • Location : Jalan Jembatan Merah, Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta
  • Open : 8 am - 6 pm