October 28, 2015

Bakmi Toprak Solo

Bakmi atau Mie boleh disebut sebagai makanan sejuta umat, makanan penggugah selera yang punya tempat dihati setiap penggemarnya. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa suka mengkonsumsi Mie terutama berbagai macam mie olahan, karena hampir setiap wilayah diseluruh dunia memiliki ciri khas mie olahannya masing-masing sesuai dengan budaya lokalnya. Konon, bakmi dibuat pertama kali di China kemudian berkembang ke kawasan Asia, hingga masuk dalam daftar 10 makanan China yang populer di Indonesia.


Sejak menikah dan menetap dalam jangka waktu lama di Solo, saya berkesempatan untuk mencicipi banyak makanan enak nan legendaris di Kota yang terkenal dengan wisata sejuta kulinernya ini. Salah satunya adalah Bakmi Toprak Yu Nani Kartopuran ; yang didirikan oleh almarhumah Ibu Nani, dimana warung ini hanya menyediakan satu menu makanan yakni Bakmi Toprak.




Bakmi Toprak Yu Nani Kartopuran







Genks



Dengan lebih dari 10 macam campuran pelengkap yang disuguhkan dalam sepiring Bakmi Toprak, membuat Bakmi Toprak Yu Nani ini terkenal sejak tahun 1955 dan nggak membuka cabang. Campuran pelengkapnya ada bakmi kuning, tahu, tempe, kubis, kacang, taoge, sosis solo, bihun, cakwe, dan daging sapi yang direbus dengan arang. Piring jadi penuh hingga buat saya bingung harus memulai makan yang mana, lol. Untuk minumannya ada Es Blewah yang spesial dan segar.


Makin sedap disantap dengan ditambah irisan lombok dan kecap agar rasa bakmi menjadi segar-pedis-enak. Ada juga sosis solo dan lumpia sebagai menu tambahan yang dihidangkan terpisah. Satu porsi Bakmi Toprak Yu Nani dibanderol seharga Rp. 14.000 dan es blewah seharga Rp. 5.000. Dalam sehari warung Bakmi Toprak Yu Nani mampu menjual lebih dari 100 porsi.







Thank you ya Mama Mertua untuk rekomendasi kulinernya ^^

Selamat Mencoba Bakmi legendaris ini :)






 
Bakmi Toprak Yu Nani Kartopuran
  • Lokasi : Jalan Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Surakarta
  • Buka : 10 am - 5 pm