September 25, 2015

Lotek & Gado-gado Colombo Bu Bagyo Jogjakarta

Siapa bilang salad hanya bagian dari budaya makanan orang-orang barat aja ??? Indonesia juga punya salad yang juga enak dan segar. Yak, namanya Lotek. Salah satu makanan khas Indonesia kaya serat yang berbahan baku sayur-sayuran ; bayam, kacang panjang, kacang kedelai, kubis, tauge, yang sudah direbus dan disiram dengan saus kacang. Ditambah irisan tahu, tempe goreng, bakwan goreng, dan kerupuk sebagai pelengkap nikmatnya. Hampir mirip dengan pecel, bedanya Lotek disajikan dengan lontong atau kupat sedangkan pecel disajikan dengan nasi putih.


Moment Idul Adha tahun ini, gue dan suami berkesempatan mencicipi Lotek yang legend banget di Kota Jogja "Lotek Colombo Bu Bagyo".  Mengapa kami menyebutnya "legend" ? Konon warung ini didirikan oleh Ibu Bagyo pada tahun 1986 dan turun temurun hingga sekarang. Lokasinya berada di Jalan Sagan Timur Jogjakarta.


Kami tiba tepat jam makan siang. Warung Lotek Bu Bagyo sudah ramai oleh pengunjung yang mayoritas mahasiswa dan karyawan yang sedang istirahat. Saat sudah menemukan spot yang pas untuk duduk, saya diberi kertas oleh sang waitress untuk menuliskan pesanan. Kami langsung memesan lotek yang tersohor ini. Nggak ketinggalan pula 3 gelas es teh, jeruk hangat dan wedang tape. Setelah melakukan pembayaran (bayar dulu baru makan yaaa), 15 menit kemudian pesanan kami dihidangkan.




Lotek Colombo Bu Bagyo Jogjakarta




Selain karena harganya yang cukup merakyat, bumbu yang juga baru dibuat setelah konsumen melakukan pemesanan membuat rasa lotek lebih fresh dilidah. Tertarik untuk mencoba Lotek legendaris ini ??? Yuk cobain.









Lotek dan Gado-Gado Colombo Bu Bagyo
  • Lokasi : Jalan Sagan Timur Yogyakarta
  • Buka : 9 am - 5 pm