Monday, December 9, 2013

Tembi Galeri dan Rumah Budaya Yogyakarta

Sabtu 07 Desember 2013, kami berkesempatan untuk menghadiri Pameran Seni yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Meksiko untuk Indonesia, bertempat disalah satu ruang ekspresi seni budaya, Tembi Galeri Yogyakarta.








Pameran Seni karya para Seniman Meksiko yang bertema "Oaxaca in Asia" ini rutin diselenggarakan dalam memperingati ulang tahun hubungan bilateral antara Meksiko dan Indonesia. Beberapa koleksi lukisan yang dipamerkan harganya nggak main-main, 200 ribu US dollar ! Salah satunya karya dari Seniman Legendaris sekaligus Guru Besar Seni Plastik, Rufino Tamayo














Tak jauh dari Tembi Galeri, ada sebuah Museum sejarah dan budaya bernama Tembi Rumah Budaya. Ketika kaki melangkah masuk, senyuman hangat dari seorang lelaki paruh baya yang sedang bertugas menyambut. Setelah bersalaman, beliau langsung menyilahkan kami untuk berkeliling. Kami diisyaratkan untuk mulai berkeliling dari sisi sebelah kanan Museum yaitu beberapa Bale Inap yang berupa rumah-rumah kayu Limasan.






Disini kami melihat proses pembuatan kerajinan khas Jogjakarta, berbagai macam perabotan tradisional, potret kehidupan masyarakat Jawa, dan belajar membatik. Perpustakaan Tembi pun punya lebih dari 5000 koleksi naskah.


Di Tembi Rumah Budaya ini kerap pula digelar malam pembacaan puisi oleh para Sastrawan dan Budayawan. Juga tak ketinggalan kolaborasi musik, pagelaran wayang, ketoprak, serta pagelaran seni lainnya.





Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk sebab dana pengelolaan museum berasal dari para kolektor yang menitipkan koleksinya di Museum Tembi.


Sambil menenangkan kaki, motret kanan kiri dan menikmati suasana pedesaan Jogja, kami duduk santai di Waroeng Makan Pulo Segaran yang masih satu arealdengan Museum Tembi. Nggak ketinggalan dooonk kami manjakan perut dengan semangkuk Jenang SumsumEs Lumut, dan Kopi Arang sekaligus...







  
 


Suka kuliner dan seni ??? Yuk ke Tembi :)





Tembi Galeri dan Rumah Budaya Jogjakarta
  • Lokasi : Jalan Parang Tritis Km. 8,4 Timbulharjo, Sewon, Jogjakarta
  • Telepon : (0274) 368000