December 9, 2013

Tembi Galeri dan Rumah Budaya Yogyakarta

Sabtu 07 Desember 2013, gue berkesempatan untuk menghadiri Pameran Seni yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Meksiko untuk Indonesia, bertempat disalah satu ruang ekspresi seni budaya, Tembi Galeri Yogyakarta. Konon, nama tembi diambil dari nama seorang Dewi yaitu Dewi Tembi.


Pameran Seni karya para Seniman Meksiko yang bertema "Oaxaca in Asia" ini rutin diselenggarakan dalam memperingati ulang tahun hubungan bilateral antara Meksiko dan Indonesia. Suatu kehormatan bagi Indonesia, dipilihnya Jogja sebagai tempat diselenggarakan acara ini karena Jogja telah dikenal oleh dunia sebagai kota yang syarat akan seni dan budaya.


Beberapa koleksi lukisan yang dipamerkan berhasil mencuri perhatian seperti karya dari Seniman Legendaris sekaligus Guru Besar Seni Plastik, Rufino Tamayo. Ada satu lukisan karyanya yang berharga 200 ribu US Dollar !!! Gue rasa ini ganjaran yang sangat pantas bagi sebuah karya seni.


Tak jauh dari Tembi Galeri, ada sebuah Museum sejarah dan budaya bernama Tembi Rumah Budaya. Ketika kaki melangkah masuk, senyuman hangat dari seorang lelaki paruh baya yang sedang bertugas menyambut. Setelah bersalaman, beliau langsung menyilahkan gue untuk berkeliling. Gue diisyaratkan untuk mulai berkeliling dari sisi sebelah kanan Museum yaitu beberapa Bale Inap yang berupa rumah-rumah kayu Limasan.


Disini gue melihat proses pembuatan kerajinan khas Jogjakarta, berbagai macam perabotan tradisional, potret kehidupan masyarakat Jawa, dan belajar membatik. Perpustakaan Tembi pun punya lebih dari 5000 koleksi naskah.



Di Tembi Rumah Budaya ini kerap pula digelar malam pembacaan puisi oleh para Sastrawan dan Budayawan. Juga nggak ketinggalan kolaborasi musik, pagelaran wayang, ketoprak, serta pagelaran seni lainnya. 


Pengunjung nggak dikenakan biaya masuk karena dana pengelolaan museum berasal dari para kolektor yang menitipkan koleksinya di Museum Tembi.


Sambil menenangkan kaki, motret kanan kiri dan menikmati suasana pedesaan Jogja, gue duduk santai di Waroeng Makan Pulo Segaran yang masih satu areal dengan Museum Tembi. Nggak ketinggalan dooonk gue manjakan perut dengan semangkuk Jenang SumsumEs Lumut, dan Kopi Arang sekaligus...




 








 

 





 








Warung Makan Pulo Segaran
 
Jenang Sumsum

 
Es Lumut

 



 

 





 




Suka kuliner dan seni ??? Yuk ke Tembi :)





Tembi Galeri dan Rumah Budaya Jogjakarta
  • Lokasi : Jalan Parang Tritis Km. 8,4 Timbulharjo, Sewon, Jogjakarta
  • Telepon : (0274) 368000