November 2, 2012

Keraton Kasunanan Surakarta

Belum sempurna rasanya menjelajah Solo, tapi belum sekali pun berkunjung ke Istana Rajanya. Sama halnya seperti nge-trip ke Paris, belum istimewa kalau belum foto-foto manis di Eiffel. Informasi nih, Solo memiliki dua Keraton : Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Pura Mangkunegaran. Naah... Keraton yang gue kunjungi kali ini adalah Keraton Kasunanan Surakarta.




Keraton Kasunanan Surakarta




Tiket masuk dibanderol seharga Rp. 4.000. Gue melewati gapura gladag dibagian utara untuk masuk menuju keraton. Saat memasuki keraton, pengunjung nggak diperbolehkan memakai celana pendek dan sandal jepit. Alas kaki pun harus dilepas saat melewati pelataran pasir yang konon diambil dari Pantai selatan, untuk menghormati adat istiadat setempat. 



Pada bagian keraton sebelah timur kita dapat melihat-lihat koleksi peninggalan budaya masa lalu Solo berupa patung-patung, fragmen candi khas Jawa Tengah, dan senjata kuno milik keraton seperti keris dan pedang, kereta kencana, alat memasak abdi dalem, dayung sampan sepanjang 5 meter dan lainnya. Sedangkan dibagian barat keraton kita disuguhi kemegahan arsitektural keraton yang meliputi beberapa bagian antara lain : Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sitihinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedaton, Kompleks Srimanganti Kidul, Kompleks Kemandungan Kidul, Kompleks Sitinggil kidul, dan Kompleks kamagangan.



Gue juga menemukan banyak pedagang dan kedai-kedai yang menjajakan berbagai barang kesenian berharga ribuan hingga jutaan di sekitar keraton yang dikitari juga oleh Alun-alun, Masjid Agung Surakarta, dan Pasar Klewer serta beberapa penginapan maupun hotel dengan harga yang terjangkau. 







Keraton Surakarta Hadiningrat
  • Lokasi : Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta
  • Buka : 9 am - 2 pm